MONA, temuilah Tuhanmu…

December 8, 2011 at 3:35 am Leave a comment

Oleh : Togi Tua Sianipar

————————–

RIA HESTI LAMONA MATONDANG, nama ini sudah menemani hari hariku lebih dari sewindu. Tepatnya dua belas tahun dia selalu ada dalam cerita masa laluku. Sudah tiga seragam berkemeja putih dia sealu ikut menghiasi ceritaku dulu. Bila saja masih tersisa waktu untuk bertemu, pastilah aku akan hadir untuknya sebelum raganya yang kini sudah tak berasa, sebelum bibirnya kini telah kaku terkunci rapat seakan berpalang ganda, sebelum matanya tidak lagi bisa berkedip sedikit saja.

MONA, sepuluh menit aku terdiam sobat, mencoba mengingat semua tentang sosokmu, walau tak banyak memang, tapi aku cukup bisa merasakan saat kau masih bisa menyapaku dan selalu berikan senyummu buatku dan teman temanmu dulu.

MONA, tahun 1989 sudah dua puluh satu tahun berlalu. Cukup lama yah sobat? Tapi tau kah kau kalau masih ada ingat yang tersisa? Yahh masih ada, walau tak seberapa.

MONA, begitu kami memanggilmu sejak dua puluh satu tahun yang lalu. Saat seragam putih merah pertama kali kita kenakan di SD N 173100 Tarutung. Enam tahun kita bersama setia dengan seragam penuh riang itu. Enam hari dalam seminggu kita bersama, mengenal huruf, membaca, berhitung dan menyanyi bersama. Sampai kita mengerti bagaimana sebenarnya bila huruf K berpadu dengan A atau bila M berdamping U. Sosokmu sungguh mengingatku betapa semangatmu untuk belajar dulu sangat luar biasa.

MONA, aku tak mungkin bisa melupakanmu. Dola, Nurmei, Frengki dan Robert juga pasti masih mengingatmu. Mereka juga pasti masih bisa membayangkan sosokmu yang selalu hadir sebagai ancaman buat kami bertarung merebut juara kelas demi tiga buah buku tulis hadiah dari guru kita dulu.

MONA, enam tahun ternyata belumlah cukup untuk mengenalmu sobat, itu sebabnya Tuhan masih mengizinkan kita bersama lagi berjelajah hari dengan seragam putih biru di SMP N 2 Tarutung. Tiga tahun kita bersama masih seperti enam tahun yang dulu. Kalau saja aku bisa jujur, dulu aku selalu menganggapmu sebagai ancaman besar buat setiap usahaku meraih ranking kelas dulu. Tapi seiring waktu kau semakin buas dan selalu berhasil menyingkirkanku. Posisi terbaik selalu bisa kau dapatkan, itu sudah cukup buatku untuk mengakui betapa semangatmu sangat luar biasa dulu.

MONA, bukan juga sebuah kebetulan kalau alam masih ingin melihat kita bersama berjelajah di hari hari dulu. SMA N 1 Tarutung sudah menyimpan ceritaku dan dirimu sobat. Tiga tahun lagi kita bersama menjalani hari hari, belajar, tertawa dan bermain. Semakin sulit rasanya buatku untuk bisa mengimbangimu mengejar prestasi dulu. Sungguh kau perempuan bijak, pintar dan luar biasa. Banyak hal yang kau bisa dulu. Dengan lantang kau bisa berbahasa asing, dengan lincahnya kau bisa memecahkan hitungan hitungan liar dulu. Sungguh kau perempuan pintar dan cerdas sobatku.

MONA, bila saja aku tau kalau tahun 2001 ternyata tahun yang kejam buat cerita persahabatan kita. Sudahlah aku berusaha untuk menemuimu lagi dan bercerita walau sepatah kata saja untukmu. Saat riang dulu tidak sedikitpun mau memberitahuku kalau itu adalah terakhir buatku dan buatmu bertegur dan bertukar senyum.

MONA, selamat jalan sobatku. Bertemulah dengan Tuhanmu karna sesungguhnya kematian adalah keharusan buat semua mahluk. Kami sobatmu akan merindukan riangmu dan senyummu.

MONA, salam dari kami sobatmu OSMOSIS: Sonta, Rio Jojor, Ernawati, Suryani, Frengki, David, Togi, Reinhard, Asron, Victor, Rosni, Erlita, Mey, Santi, Nora, Netty, Tohap, Tulus, Robby, Esrnet, Roy C, Renta, Natalin, Nurmei, Natalia, Ertina, Asnita, Satriana, Mike, Dewi, Erlina, Meida, Elfrida, Susan, Elfride, Eva, Delila, Martha dan Nova.

** ditulis saat hening seketika di kamar kos kosan sambil menunggu final piala dunia 2010, teringat sosok Mona yang telah dipanggil Tuhan 10 Juli 2010 karna menderita gagal ginjal.

Advertisements

Entry filed under: Cerpen.

Kusembunyikan air mataku darimu Mamak.. Hari Pengantin Bonar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


About Me

I am a simple man, and also a good boy. I was born in Tarutung 14/feb/1983. Now I live at Jakarta as IT Staff in Bilangan Jakarta Pusat. I like singing very much, sleeping and also dreaming :). Music..??, hmmm... I love RnB and sometimes Country Music. About food, I like Saksang, Panggang and ofcourse "Baso". It's very fantastis luar biasa aaahaaiii...ii.

Calendar

December 2011
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Visitor

  • 27,882 visitor

Top Clicks

  • None

%d bloggers like this: